Tuesday, June 8, 2010

Langkah nomer 7

Pola makan sehat

Dahulu orang mungkin berpikir, tidak ada hubungan antara pola makan dengan kesehatan mata. Karena kerusakan mata adalah fungsi mekanis sedangkan pola makan mempengaruhi fisiologis. Pendapat tersebut tidaklah benar karena tubuh manusia adalah satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Pola makan seseorang ternyata berpengaruh pula pada kesehatan matanya.

Bagaimana pola makan dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata ? inilah penjelasannya. Makanan yang buruk menyebabkan metabolisme terhambat, Jika metabolisme terhambat pasokan oksigen dan energi ke organ-organ tubuh berkurang, tak terkecuali organ mata. Akibatnya otot-otot mata kurang mendapat suplai oksigen yang diperlukan untuk berkontraksi.

Jika anda sudah bisa menerima penjelasan di atas, cobalah untuk berperilaku sehat. Hindari alkohol, rokok, dan cobalah untuk memilih makanan dan minuman sehat. Singkirkan soft drink dan gantilah dengan jus segar. Ubahlah menu anda menjadi lebih banyak sayur dan buah. Menghindari minyak adalah pilihan yang sangat bijaksana, gantilah dengan dikukus atau direbus. Ini adalah investasi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, bukan cuma untuk kesehatan mata.

No comments:

Post a Comment