Tuesday, June 8, 2010

Langkah nomer 6


Terapi Tambahan.

Terapi tambahan berguna untuk mendorong mata melakukan perbaikan-perbaikan. Terapi tambahan ini meliputi : Akupresure, Terapi cahaya dan telapak tangan serta Terapi pelemasan tubuh

Terapi Akupresure

Akupresure 1

Menutup mata dan meletakkan jempol pada titik di bagian ujung mata sebelah dalam (lihat Gambar). Jika bagian ini tepat terpijit, anda akan merasakan sedikit pegal. Pijat 1 detik dan kemudian lepas 1 detik. Ulangi menekan titik-titik tersebut.

Akupresure 2

Meletakkan jempol pada ujung luar pertengahan antara mata dan alis (lihat gambar). Kemudian dengan menggunakan jari telunjuk yang dilipat, anda memijat pelan bawah mata dari sisi dalam ke sisi luar (lihat gambar) kemudian berganti atas mata dari sisi dalam ke sisi luar.

Akupresure 3

Memijat kuat titik akupresure yang terletak di ujung dalam mata dekat hidung (lihat gambar). Pijat sedetik kemudian lepaskan. Lakukan berulang-ulang.

Akupresure gabungan

Lakukan akupresure 1, 2 dan 3 dalam satu rangkaian anda melakukan terapi.

Anda melihat, bahwa keseluruhan terapi akupresure ini dapat dilakukan dimana saja. Anda dapat melakukan sembari menunggu lampu menyala hijau, atau disela-sela anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi jarak dekat. Akupresure ini sangat membantu mengurangi pegal dan pusing ketika mata lama menatap layar komputer atau kertas kerja anda.

Terapi Cahaya dan Telapak Tangan

Terapi Cahaya

Tutup mata dan berdiri menghadap matahari. Geleng-gelengkan kepala pelan sehingga semua bagian mata mendapat sinar matahari. Rasakan kehangatan sinar matahari masuk ke dalam mata dan merangsang sistem sirkulasi di mata.

Telapak Tangan

Duduklah dengan santai dan silangkan kedua telapak tangan di bagian jari-jarinya. Kembungkan tangan anda dan pakailah untuk menutup kedua mata anda. Atur posisi tangan sehingga kedua mata tertutup secara penuh dengan tangan anda. Aturlah tarikan napas dan ucapkan afirmasi positif di sela-sela tarikan napas. Rasakan perubahan positif yang terjadi pada kedua mata anda. Terapi ini juga dapat dilakukan di sela-sela anda melakukan pekerjaan mengetik atau jika anda seorang muslim, anda dapat melakukan setelah selesai berdoa setelah menjalankan sholat lima waktu. Lakukan kegiaatan yang sangat menyenangkan ini selama 2-3 menit, 3-5 kali setiap harinya

Senam Tubuh

Latihan-latihan seman tubuh ini dilaksanakan untuk menghilangkan ketegangan dan pengerutan otot-otot sekitar mata. Kesulitan untuk berakomodasi di antaranya karena otot-otot tersebut menegang. Dengan dihilangkannya ketegangan, memungkinkan kembalinya kekuatan otot-otot mata untuk melakukan akomodasi.

Mengayunkan Tubuh

Berdiri tegak dengan jarak antar kaki 30 cm. Tangan menggantung dengan santai di samping tubuh. Dengan menjaga posisi sesantai mungkin, perlahan-lahan ayunkan tubuh ke samping kanan dan kiri. Angkat tumit anda secara bergantian, bukan seluruh telapak kaki. Tubuh harus benar-benar lurus dan tidak boleh ada bagian tubuh yang membengkok.

Lakukan gerakan mengayunkan tubuh ini 2-3 kali sehari selama 5 menit saja setiap kali melakukan. Lakukan dengan mata terbuka dan mata tertutup bergantian.

Latihan bahu

Berdiri dengan santai dan angkatlah bahu anda setinggi mungkin dan buat gerakan melingkar searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam. Lakukan berulang-ulang hingga 25-30 gerakan

Mengendurkan leher

Berdiri dengan sesantai mungkin dan biarkanlah dagu turun hingga menyentuh dada anda. Usahakan leher menjadi kendor dan tidak kaku. Angkat kepala perlahan dan biarkanlah kepala jatuh sejauh mungkin ke belakang.

Masih dengan posisi sama, jatuhkan kepala sejauh mungkin ke samping kiri dan berganti sejauh mungkin ke samping kanan. Lakukan berulang-ulang.

Masih dengan posisi berdiri yang santai, lakukan gerakan kepala melingkar searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam bergantian.

Di dalam setiap melakukan aktivitas untuk terapi mata, pastikan anda mengucapkan dalam hati, afirmasi positif yang sudah disepakati di awal latihan. Rasakan perubahan perubahan ke arah perbaikan, jika anda sudah rutin melakukan setiap tahapan terapi. Barangkali anda tidak akan merasakan langsung perubahan penglihatan, tetapi keluhan samping yang terjadi akibat efek pemakaian kacamata akan hilang dan jauh berkurang.

No comments:

Post a Comment