Sunday, May 30, 2010

Langkah nomer 5

Senam Mata.

Kemunduran penglihatan, entah itu myopi, presbiopi dan astigmatisme dapat diatasi dengan melakukan senam mata. Kemunduran penglihatan itu pada dasarnya adalah berkurangnya kemampuan mata untuk melakukan akomodasi mata.

Eksperimen Dr. Bates menunjukkan bahwa : selama akomodasi bentuk mata berubah oleh kerja otot eksternal bola mata. Ini berbeda dengan pandangan perawatan mata tradisional bahwa kelainan tersebut akibat berubahnya bentuk bola mata. Inilah yang membedakan perawatan mata secara alamiah dengan perawatan mata tradisional. Pada perawatan mata tradisional, kelainan bentuk bola mata tidak bisa lagi diperbaiki karena sudah berubah bentuk. Pada perawatan mata secara alamiah, keadaan tersebut bisa diperbaiki jika melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang berguna untuk mempermudah otot-otot sekitar mata melakukan akomodasi.

Di antara kebiasaan baik tersebut adalah melakukan senam mata. Lakukan senam mata ini sesering mungkin yang bisa anda lakukan. Barangkali anda tidak perlu menyediakan waktu khusus, tetapi luangkan waktu sesering mungkin di sela-sela waktu kerja anda.

1. Menggerakkan bola mata

Tegakkan kepala dan usahakan agar posisi kepala dan tubuh anda sesantai mungkin, kemudian lakukan beberapa gerakan untuk bola mata sebagai berikut:

a. Mata digerakkan ke atas dan ke bawah. Mata harus bergerak secara perlahan-lahan dan teratur ke atas dan ke bawah sejauh mungkin. Jangan melakukan paksaan dan lakukan dengan kekuatan minimum. Jika otot-otot mata anda menjadi kendor, anda akan mampu melihat jauh ke bawah dan ke atas.

b. Mata digerakkan ke samping kiri dan kanan. Sama seperti yang tadi lakukan dengan kekuatan minimum.

c. Mata digerakkan ke samping kanan atas dan kiri bawah dan juga sebaliknya, kiri atas dan kanan bawah.

d. Mata digerakkan memutar satu putaran penuh ke kanan searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam.

Latihan untuk menggerakkan bola mata ini dilakukan masing-masing sebanyak 6 kali dengan selang waktu di antara setiap gerakan selama 2 detik.

e. Kedipan kuat. Kedipan kuat akan merangsang mata anda mengeluarkan cairan mata yang berfungsi membasahi bola mata. Cara melakukan kedipan kuat dengan membuka mata lebar selama dua detik, kemudian menutup dengan cepat dan kuat. Buka lagi dan tutup lagi dengan cepat berganti-ganti. Di antara kedipan kuat, lakukan beberapa kali kedipan ringan.

f. Kedipan lambat dilakukan dengan cara menarik napas pelan-pelan. Jangan melihat apapun secara khusus, hanya melakukan kedipan biasa yang ringan. Ketika menghembuskan napas, tutup mata anda dan usahakan sesantai mungkin. Bawa imajinasi anda melayang dan ucapkan relaks ... relaks ... relaks .


2. Melatih Fokus mata
Duduklah dengan posisi sesantai mungkin dan lakukan gerakan untuk melatih otot-otot eksternal bola mata sebagai berikut :

a. Fokus dekat dan Fokus jauh
Pegang objek kecil dengan jarak kira-kira 15 cm tepat di tengah-tengah kedua bola mata anda. Pandanglah objek dekat tersebut dan dengan ritme tertentu ubahlah objek pandang anda ke objek jauh yang berjarak kira-kira 4-6 meter. Objek dekatnya tetap tetapi objek jauhnya bisa berganti-ganti. Jadi anda memandang objek dekat selama 2 detik kemudian berganti objek jauh selama 2 detik, begitu seterusnya. Misalkan saja anda duduk di teras depan rumah, anda meletakkan cangkir dengan jarak 25-20 cm tepat di tengah kedua mata sebagai objek dekat. Objek jauhnya bisa apa saja yang berjarak 4-6 meter, misalkan pohon, pagar, rumah tetangga, tiang listrik, dll.

b. Membawa Fokus menjauh dan mendekat
Pegang objek kecil misalkan pencil dengan jarak 15 cm di tengah mata anda. Kemudian secara perlahan, bawa objek tersebut mendekat hingga menyentuh ujung hidung anda, sambil mendekat, hiruplah napas dalam-dalam. Ketika menghembuskan napas, bawa objek tersebut menjauh.
Ketika anda membawa objek tersebut mendekat, benda tersebut akan nampak menjadi ganda, cobalah untuk melihat ke detail terkecil objek tersebut sehingga objek tersebut tidak menjadi ganda.

c. Perputaran Jam
Sekarang anda harus sedikit berimajinasi dengan membayangkan sebuah jam raksasa yang berada di depan mata anda. Bayangkan jam raksasa tersebut lengkap dengan angka-angka 1-12, dan juga titik pusat jam tersebut yang berada tepat di depan mata anda. Dengan hati-hati dan perlahan, gerakan mata anda menuju jam 1 selama 2 detik dan tarik mata anda ke pusat jam. Kemudian bawa mata anda ke jam 2 selama 2 detik kemudian kembali ke pusat, begitu seterusnya, (jam 3 – pusat), - (jam 12-pusat).

No comments:

Post a Comment