Tuesday, May 25, 2010

Langkah nomer 4

Hydroterapi

Air sudah digunakan untuk terapi berabad-abad lamanya. Sejarah mencatat bahwa tidak sedikit kebudayaan-kebudayaan Mesir, Yunani, dan Romawi, Cina, India dan Jepang dan juga kebudayaan-kebudayaan Amerika Selatan dan Mesopotamia telah lama menggunakan bentuk-bentuk terapi air yang berbeda-beda.

Terapi air dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu : kompres air hangat dan dingin, dan massage air. Kompres air dingin dilakukan dengan menyiapkan air dingin dan air hangat. Dengan memakai waslap/handuk kecil, kompres kedua mata dengan air dingin dan air hangat bergantian. Kompres air dingin selama 1 menit, berganti dengan air hangat, lakukan berulang-ulang. Lakukan dengan sesantai mungkin dengan tiduran dan ucapkan sugesti positif sebanyak mungkin.

Aplikasi air dingin dan air hangat secara bergantian menghasilkan pertukaran sirkuler dan meningkatkan drainase serta suplai oksigen ke jaringan-jaringan, apakah jaringan otot, kulit atau organ-organ tubuh. Pembuluh-pembuluh darah terbuka dan jaringan-jaringan dibersihkan dengan darah yang banyak mengandung oksigen segar.

Massage air dilakukan dengan cara menyatukan kedua belah tangan sehingga membentuk wadah yang bisa diisi air. Isi dengan air dan dekatkan dengan mata dalam keadaan tertutup, lemparkan air ke mata dan lakukan berulang-ulang. Tekanan air yang lembut akan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata dan membuat otot-otot mata menjadi kuat. Jika anda seorang muslim, lakukan setiap kali sebelum anda berwudhlu.

Masage air yang lain dapat dilakukan jika sedang mandi. Pasang aliran air shower ke ukuran yang paling lembut. Hadapkan wajah ke shower dalam keadaan mata tertutup. Geleng-gelengkan kepala perlahan-lahan ke kiri dan ke kanan dengan sesantai mungkin. Tepukan air yang lembut akan memijat daerah sekitar organ mata dan membuat otot-otot di sekitar mata anda menjadi kuat.

Terapi massage air dapat dilakukan sesering mungkin yang bisa anda lakukan. Untuk kompres panas dingin lakukan 1-2 kali sehari, terutama jika mata anda mengalami kelelahan yang luar biasa akibat menatap layar komputer terlalu lama.

Jadikan terapi ini sebagai waktu untuk mengistirahatkan mata, sehingga mata tidak dipaksa untuk bekerja di luar batas kemampuannya. Anda dapat merasakan perubahan luar biasa jika sudah menerapkan terapi air menjadi bagian dari perawatan mata, pusing, pegal dan tegang pada mata berkurang dengan drastis.

No comments:

Post a Comment